Gara-gara Doping $50 juta Melayang

Lance Amstrong, yang lahir di Plano, Texas tanggal 18 September 1971, memulai karir olahraganya sebagai perenang. Di usia 12 tahun dia memenangi beberapa kejuaraan renang ditingkat negara bagian Texas. Pada tahun-tahun berikutnya dia tidak hanya berenang tapi juga  mengikuti triathlon, gabungan antara renang, sepeda, dan marathon. Pada tahun 1992 Amstrong fokus ke balap sepeda dan menjadi atlet profesional setelah bergabung dengan Motorola Cycling Team. Kejuaraan demi kejuaraan banyak diraihnya, namun namanya benar-benar melejit setelah memenangi Tour de France, lomba sepeda paling bergengsi didunia, pada tahun 1999. Untuk selanjutnya, selama 7 tahun berturut-turut sampai tahun 2005, gelar sebagai raja Tour de France tidak pernah lepas  dari tanganya.

Dengan prestasinya tersebut berbondong-bondong perusahaan-perusahaan dari berbagai macam produk mengantre untuk menjadi sponsor. Raksasa pakaian olah raga Nike, Trek Bicycles, helm Giro, toko elektronik RadioShack, madu Honey Stringer, klub kesehatan 24R Fitness, pabrik bir Anheuser-Busch, FRS Health Energy, Johnson, Sram, US Postal service adalah beberapa nama dari puluhan perusahaan yang mensponsori Amstrong. Uangpun terus mengalir ke kantung pundi-pundi Amstrong. Selama karirnya sebagai atlet professional Amstrong berhasil mengumpulkan kekayaan bersih senilai $125 juta.

Pada bulan Juni 2012, US Anti-Doping Agency (USADA), menuduh Lance Amstrong   telah menggunakan obat-obatan (doping) untuk meningkatkan kemampuan berlaganya. Penggunaan obat-obatan ini telah dilakukan secara sistematis bersama-sma teamnya dan berlangsung cukup lama. Melalui beberapa kali persidangan pengadilan akhirnya memperkuat tuduhan USADA, dan pada bulan Agustus USADA melarang Amstrong mengikuti kompetisi olah raga selama seumur hidup serta mencopot semua gelar-gelar yang telah diperolehnya. Amstrong dan organisasi yang membawahi orahraga sepeda, Union Cycling International (UCI), mempunyai tenggat waktu sampai dengan akhir Oktober 2012 untuk mengajukan banding atas putusan pengadilan ini. Namun Amstrong nampaknya tidak akan menggunakan hak bandingnya, walaupun secara tegas membantah pernah menggunakan obat-obatan tersebut. Dia mengambil langkah ini karena merasa bahwa banding tidak akan gunanya dan menilai proses peradilan telah berjalan tidak fair.

Walaupun UCI belum secara resmi belum mencopot gelar-gelar Amstrong, namun para sponsor nampaknya mulai mempertimbangkan untuk tidak memperpanjang kontraknya. Nike, Radioshack, Giro, Trek Bicycle, Honey Stringer, Anheuser-Busch, 24R Fitness telah mengumumkan penghentian kontrak dengan Amstrong. Dengan hilangnya kontrak dari perusahaan-perusahaan ternama tersebut diperkirakan dalam 5 tahun mendatang Amstrong akan kehilangan rejeki senilai minimal $50 juta. Perusahaan-perusahaan yang masih setia, menunggu keputusan yang diambil UCI,  antara lain Nissan, perusahaan kacamata Oakley, perlengkapan kebugaran Johnson dan pemasok sukucadang sepeda SRAM.

Apabila nanti UCI memutuskan Amstrong bersalah maka habislah karirnya dibidang olah raga. Dengan kekayaan sebesar $125 juta mungkin masih bisa melanjutkan hidupnya dengan serba kecukupan, tetapi apalah artinya materi kalau kehormatannya sebagi atlet sudah tercabik-cabik. Barangkali kebanggan Amstrong tinggal pada Livestrong, sebuah yayasan yang didirikannya yang bergerak dibidang penyembuhan kanker. Amstrong mengundurkan diri sebagai ketua begitu pengadilan memperkuat tuduhan USADA.

Explore posts in the same categories: Luar Negri

Tag: , , , , ,

You can comment below, or link to this permanent URL from your own site.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: